Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2016, 08:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Meski ibu hamil diijinkan untuk tidak berpuasa, nyatanya banyak ibu hamil yang ingin tetap berpuasa di bulan Ramadhan. Selama kondisi kehamilan sehat, sah-sah saja bagi ibu hamil untuk berpuasa.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga asupan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan nutrisi sehat ibu dan janin. Pasalnya, pola makan ibu hamil sangat menentukan kesehatan dan kecerdasan bayi di masa mendatang. Berikut ini makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil selama berpuasa.


1. Pilih makanan yang melepaskan energi secara perlahan. Karbohidrat kompleks, seperti gandum, beras merah dan cokelat, lalu makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan, dapat membantu tubuh terasa berenergi sepanjang berpuasa.

Selain itu, jenis makanan ini juga akan membantu ibu dari risiko sembelit—kondisi yang kerap dialami oleh ibu hamil.


2. Hindari terlalu banyak makanan dan minuman manis pada saat sahur dan berbuka, yang akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Kenaikan gula darah yang drastis bisa membuat ibu hamil merasa lebih cepat lelah karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk mengolah gula, yang akhirnya dapat menimbulkan pusing.


3. Pastikan ibu hamil mendapatkan banyak protein dari kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur yang dimasak matang, saat sahur maupun berbuka. Nutrisi ini akan membantu bayi tumbuh dengan baik walau ibu berpuasa.


4. Hindari ngemil makanan tinggi gula dan lemak, seperti yang banyak terdapat dalam makanan olahan. Kentang atau buncis kukus, serta buah-buahan, merupakan pilihan camilan penghilang lapar yang lebih baik bagi ibu hamil selama bulan puasa.


5. Cobalah untuk minum sekitar 1,5 -2 liter air antara waktu berbuka hingga sahur. Ibu hamil juga bisa mendapatkan cairan dengan mengonsumsi sayuran dan buah kaya air.


6. Hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi. Kafein membuat tubuh kehilangan lebih banyak air karena memicu buang air kecil, sehingga ibu hamil lebih mungkin mengalami dehidrasi, terutama jika cuaca panas.

Untuk mendapatkan minuman segar dan manis alami tanpa gula, ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa saat berbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com