Kompas.com - 08/06/2016, 03:04 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Anda sudah melakukan perawatan ekstra untuk kulit Anda. Namun, tidak melihat adanya banyak perubahan.

Apa yang salah? Mungkin Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang sebenarnya tidak baik untuk kulit Anda.

1. Makanan manis

Konsumsi gula berlebih dapat membentuk molekul berbahaya yang dinamakan Advanced Glycation End Produk (AGEs). Molekul ini menyebabkan protein rentan rusak dan membuat Anda  tampak lebih kendur atau keriput.

2. Terlalu banyak kopi

Kulit kita tergantung pada kadar hidrasi agar tetap kenyal dan terlihat muda. Kafein yang asam adalah diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi dan mempengaruhi hormon serta tingkat stres dalam tubuh.

Ketika stres, kulit akan memproduksi minyak secara berlebihan dan dapat menimbulkan jerawat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Alkohol

Sama halnya seperti kopi, alkohol membuat kulit dehidrasi juga. Alkohol menyebabkan peradangan hingga kulit memerah.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng ini mengandung banyak lemak. Selain meningkatkan, risiko penyakit jantung dan mempengaruhi sirkulasi darah, lemak juga menghambat kemampuan kulit untuk menerima nutrisi yang dibutuhkan.

5. Susu

Susu yang berasal dari sapi ini mengandung hormon yang tinggi. Kandungan pada susu sapi ini juga bisa meningkarkan produksi jerawat karena esterogen yang terlalu tinggi dan lendir berlebih dalam tubuh.

Nah, jika Anda tidak bisa berhenti minum susu sapi, gunakan subtitusi seperti susu yang terbuat dari kacang-kacangan.

Baca tentang


Sumber Simply Her
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X