Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2016, 14:23 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Bagi kebanyakan wanita, memiliki ketiak hitam akan menurunkan rasa percaya diri mereka. Sebab, mereka merasa percuma jika memiliki kulit yang mulus dan cerah, tetapi memiliki ketiak yang hitam.

Beberapa wanita masih bingung mengapa ketiak mereka menjadi hitam. Sebelum Anda mengobatinya, maka Anda harus mengetahui penyebab utama masalah tersebut.

Penyebab dari menghitamnya ketiak ini disebutkan beberapa oleh Dr. Nanang Masrani, Dipl. AAAM.

“Diantaranya trauma gesekan, bahan deodoran, dan hormonal,” ujarnya kepada Kompas.com saat ditemui di Gloskin Aesthetic Clinic Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa bagian-bagian tubuh yang berbentuk lipatan, seperti ketiak, sangat riskan dengan trauma gesekan.

Seperti halnya jika Anda menggunakan busana yang sangat ketat sehingga menimbulkan gesekan pada ketiak. Ini membuat ketiak tampak lebih gelap.

Kemudian, Dr. Nanang membahas bahan deodoran.

Jika seandainya seseorang yang memiliki kulit yang sensitif atau alergi memakai deodoran, kulit ketiak akan merespon dan menimbulkan kemerahan sehingga terjadi kehitaman.

Penyebab lainnya adalah karena hormon dari individu itu sendiri. Dr. Nanang pun menjelaskan bahwa ada hormon tertentu yang memengaruhi pigmentasi pada ketiak, dan membuatnya terlihat lebih gelap.

Untuk itu, jika Anda mengalami ketiak yang menghitam, maka yang paling utama dilakukan adalah mencari penyebabnya agar Anda tahu cara memperbaikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com