Ingin Anak Lebih Mandiri? Ajarkan Ini Sebelum Usia 15 Tahun

Kompas.com - 13/07/2016, 20:06 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com – Tanpa disadari anak terus tumbuh dalam waktu yang cepat. Kini adalah saatnya bagi orangtua mempersiapkan diri untuk mengajari beragam hal kepada sang anak untuk bekalnya kelak nanti.

Sebab, walaupun sekarang Anda bisa membantu, tetapi ketika anak harus memasuki masyarakat luas, dia harus bisa bertahan dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Tidak hanya mengajari mereka dalam hal pendidikan, akan tetapi Anda harus melakukan beberapa hal di bawah ini sebelum mereka berusia 15 tahun.

1. Pekerjaan rumah tangga

Walaupun Anda memiliki pembantu di rumah, tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak keterampilan rumah tangga seperti memasak, mencuci piring dan pakaian, membersihkan rumah, menyapu, dan pekerjaan rumah lainnya.

2. Perlindungan diri

Ajarkan mereka untuk melindungi diri mereka sendiri kala menghadapi orang asing.

3. Akibat seks bebas

Anak yang akan memasuki usia remaja sebaiknya diberikan pengetahuan seks, sehingga mereka tahu risiko dari berhubungan seks bebas.

4. Pertolongan pertama

Ini juga penting untuk diajarkan pada anak. Pertolongan pertama ini bisa berguna ketika mereka jauh dari orangtua. Setidaknya mereka bisa mengobati luka sendiri atau pun orang lain di sekitarnya.

5. Ajarkan manajemen keuangan dasar

Sangat penting untuk mengajarkan anak menabung sejak dini, sehingga anak pun paham akan nilai uang agar mereka tidak menjadi boros.



Sumber BOLDSKY
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X