Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2016, 11:36 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Ya, kita semua tahu bahwa yoghurt adalah jenis makanan sehat favorit para ahli gizi. Yoghurt dapat membantu menyehatkan pencernaan dan kaya kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat.

Selain itu, manfaat yoghurt apalagi yang Anda tahu? Fakta di bawah ini mungkin akan mengejutkan Anda dan membuat Anda semakin mencintai yoghurt.

 


1. Yoghurt dapat membantu meratakan perut.

Makan 18 ons yogurt sehari dan Anda bisa menurunkan ukuran lingkar pinggang Anda. Mereka yang makan yoghurt dalam jumlah banyak saat berdiet, kehilangan 22 persen berat badan dan 81 persen lemak perut, lebih dari pediet yang menjauhi makanan ringan, menurut penelitian dari University of Tennessee, Knoxville.

Mereka juga dapat mempertahankan sepertiga lebih massa otot, yang dapat membantu tubuh Anda membakar kalori dan menjaga berat badan, kata profesor nutrisi dan penulis utama studi Michael Zemel, PhD.

 

2. Sebagian besar merek yoghurt mengandung bakteri baik.

Yoghurt mengandung probiotik, sejenis bakteri yang menguntungkan yang hidup di saluran pencernaan dan membantu mengenyahkan mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi usus.

 

3. Yoghurt yang sarat dengan vitamin.

Satu porsi yoghurt kaya akan kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan vitamin B5 (asam pantotenat).

Yoghurt juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf Anda berfungsi dengan baik.

"Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk hewani, seperti daging ayam dan ikan, sehingga bahkan seorang vegetarian pun dapat menuai manfaat dari yogurt," kata Jackie Newgent, RD, seorang anggota dewan penasehat majalah Fitness dan penulis buku Big Green Cookbook.

 

4. Secangkir yoghurt setiap hari dapat membantu memulihkan kondisi Anda pasca latihan.

Dengan rasio yang tepat dari protein dengan karbohidrat, yoghurt, khususnya yoghurt Yunani, merupakan snack yang sangat baik dikonsumsi usai berolahraga.

"Waktu yang tepat untuk mengonsumsi yoghurt adalah dalam 60 menit setelah latihan," kata Keri Gans, RD, seorang ahli gizi di New York City.

Protein di dalam yoghurt menyediakan asam amino yang dibutuhkan otot Anda untuk memperbaiki diri, jelas Gans. Karbohidrat di dalamnya menggantikan energi yang hilang saat berolahraga.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com