Kompas.com - 18/07/2016, 20:06 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com — Dalam mendidik dan membesarkan anak, tentu membutuhkan kehadiran kedua orangtua, yaitu ibu dan ayah.

Dalam hal ini, biasanya orang-orang memiliki kepercayaan bahwa yang paling berpengaruh pada tumbuh kembang anak adalah ibunya.

Namun, hal ini dibantah dengan adanya penelitian baru dari Michigan State University (MSU) bahwa peran ayah sebagai orangtua tidak hanya mencari nafkah.

Pada penelitian ini menyebutkan bahwa setiap ayah juga bertanggung jawab untuk mengurus psikologi dan kesejahteraan anak.

Temuan terbaru dari MSU ini menunjukkan bahwa cinta dan dukungan dari seorang ayah ini memiliki dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan anak-anaknya, baik dalam kognitifnya, keterampilan sosial, maupun penguasaan bahasa.

Hal ini pun berpengaruh dari anak balita hingga mereka menginjakkan kaki di kelas V sekolah dasar.

Menjawab sebuah pernyataan, Claire Vallotton, profesor dan peneliti utama pada penelitian ini, mengatakan bahwa menurut gagasan sebelumnya, ayah tidak memiliki efek langsung dan hanya ibu yang memengaruhi perkembangan anak-anak.

Akan tetapi, penelitian ini menunjukkan bahwa ayah benar-benar memiliki efek langsung pada anak-anak, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kehadiran seorang ayah sangat penting dalam keseharian anak-anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.