Kompas.com - 03/08/2016, 15:15 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com -- Pernahkah Anda mendengar sindrom anak tengah'?

Banyak orang beranggapan bahwa anak tengah merupakan anak yang kurang kasih sayang orangtua.

Pasalnya, anak tengah terjepit di antara kakak sulung dan adik bungsu yang sehingga mereka harus selalu menerima ketika dinomorduakan.

Namun, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa anak tengah dapat mengembangkan kepribadiannya sampai dengan membantu mereka berhasil dalam pekerjaan dan hubungan, bahkan lebih baik dari kakak dan adiknya.

Berikut ini merupakan keunggulan pada diri anak tengah:

Anak tengah adalah pemain dalam tim

Kenyataannya adalah sejak mereka terlahir ke dunia, anak tengah sudah harus berbagi kasih sayang dengan saudara lainnya sehingga mereka tidak bisa menjadi pusat perhatian orangtua.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Genetic Psychology mengatakan bahwa kondisi ini menyebabkan anak tengah cenderung lebih baik beradaptasi dalam situasi kelompok daripada saudara-saudara mereka.

Anak tengah adalah sahabat yang baik

Anak tengah jarang menerima perhatian lebih dari keluarga terdekat, maka mereka cenderung untuk mencari hubungan yang kuat di tempat lain.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.