Ini 10 Tanda Anak Bergizi Baik

Kompas.com - 03/08/2016, 18:15 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asupan gizi sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dokter spesialis gizi klinik Yustina Ani Indriastuti mengatakan, anak yang sehat menandakan kebutuhan gizinya terpenuhi dengan baik. Setidaknya ada 10 tanda umum anak bergizi baik.

1. Tinggi badan dan berat badan sesuai umur

Ani menjelaskan, anak yang bergizi baik tentu berat dan tinggi badannya selalu bertambah sesuai umur.

"Anak yang gizinya baik, berarti kan makannya cukup. Pertambahan berat dan tinggi badannya sesuai umur," ujar Ani di sela-sela acara peluncuran program Dokter Kecil Mahir Gizi 2016 versi online di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Untuk balita bisa dipantau melalui kurva pertumbuhan berat dan tinggi badannya. Untuk anak usia sekolah dilihat melalui indeks massa tubuh.

2. Tubuh kuat dan kencang

Terbentuknya tubuh kuat dan kencang juga dipengaruhi oleh faktor gizi. Selain itu, untuk membentuk otot kuat dan kencang diperlukan aktivitas fisik.

3. Postur tegap

Tanda ketiga yaitu postur tegap. Ani menjelaskan, dengan postur yang tegap berarti anak memiliki pertumbuhan tulang yang baik.

Pertumbuhan tulang itu didukung oleh pemenuhan zat gizi makro maupun mikro, protein, vitamin, dan mineral.

4. Kulit sehat

Ciri kulit sehat antara lain, kulit lembab atau tidak kering. Ani mengungkapkan, kulit yang sehat antara lain cukup vitamin A, zinc, dan vitamin E.

5. Rambut berkilau

Halaman:


EditorBestari Kumala Dewi

Terkini Lainnya


Close Ads X