5 Mitos Metabolisme yang Mengacaukan Program Diet

Kompas.com - 08/08/2016, 09:05 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Masalah penurunan berat badan, banyak melibatkan teori metabolisme dan cara kerja hormon. Seberapa cepat atau lambatnya metabolisme Anda, memengaruhi seberapa cepat tubuh mampu membakar kalori dan membangun massa otot.

Metabolisme kita juga dipengaruhi oleh kerja hormon-hormon di dalam tubuh. Ada hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan, sebaliknya ada yang bisa mengurangi nafsu makan. Pemahaman dan mitos yang salah mengenai hormon dan metabolisme dapat menjadi bencana bagi program diet Anda.

Berikut adalah lima mitos metabolisme yang dapat mengacaukan rencana Anda mendapatkan berat dan bentuk badan yang ideal. 


Mitos 1: Tubuh bisa dengan mudah membakar lemak sekaligus membangun otot pada waktu yang bersamaan.

Bagi mereka yang baru saja rutin menjalankan program latihan atau olahraga dan menggunakan hormon anabolik, membangun otot dan membakar lemak secara bersamaan, itu sulit. Lebih baik fokus kepada salah satu secara bergantian.


Mitos 2: Yang perlu Anda khawatirkan adalah kalori.

Secara langsung, hormon memengaruhi berapa banyak kita makan dan apa yang kita pilih untuk makan. Dengan kata lain, hormon sangat memengaruhi turun naiknya berat badan kita. Tentu saja, kalori juga penting tapi bukan segalanya jika kita bicara tentang diet.

Fokus hanya pada asupan dan pengeluaran kalori adalah kelemahan utama teori tradisional "Kurangi makan dan perbanyak latihan."


Mitos 3: Hormon bekerja sendiri-sendiri, baik itu hormon baik seperti hormon pertumbuhan maupun hormon kortisol atau hormon stres.

Proses metabolisme membutuhkan seluruh hormon untuk saling berkirim pesan mengenai berbagai fungsi masing-masing bagian tubuh kita. Mereka bekerja sebagai satu kesatuan sama halnya seperti konser musikal.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X