Kompas.com - 08/08/2016, 11:02 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Kini, kaum lelaki yang telah memiliki anak, kaum ayah, sama sekali tidak keberatan untuk lebih banyak berbagi peran dengan istri dalam mengasuh anak-anak di rumah.

Menurut Survei yang dihelat oleh program berita, Today, terhadap 2000 ayah dan ibu mengenai pola asuh keluarga modern.

Hasilnya adalah sebagian besar ayah merasa sangat bahagia ketika membantu istri memasak makanan untuk anak-anak, membersihkan rumah, dan menggendong anak hingga mereka tertidur.

Sebanyak 54 persen ayah modern mengaku bahwa mereka mahir mengganti popok bayi.

Selain itu, presentasi besar juga terlihat pada jumlah ayah yang berbelanja keperluan rumahtangga. Lalu, lebih kurang 26 persen ayah ikhlas dan senang kebagian tugas memasak dan menyiapkan makanan.

“Sekarang, para ayah sangat dekat dengan anak, berbeda dengan generasi pendahulu,” jelas Dana Glazer, seorang sutradara film documenter The Evolotution of Dad dan ayah dari tiga anak.

Namun, tidak semua negara dan budaya menerima bahwa ayah lebih banyak terlibat dalam urusan domestic.

“Masih banyak pria berkeluarga yang dinilai dari berapa nominal penghasilan yang dia bawa ke rumah,” imbuhnya.

Soal finansial dan pekerjaan, hasil survei memperlihatkan bahwa tugas utama ayah tetap menafkahil keluaraga.

Namun, ada perbedaan yang menarik antara rumahtangga modern dan dahulu. Sekarang, suami dan istri berbagi tanggung jawab kebutuhan keluarga secara adil.

Kompensasinya adalah pihak suami bersedia mengerjakan tugas domestik secara adil pula.

Kondisi yang demikian banyak ditemukan pada rumahtangga modern. Menariknya, justru membuat hubungan suami istri semakin kuat dan komunikasi pada anak pun tercipta menyenangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.