Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2016, 14:12 WIB

TANYA:
Saya sedang hamil anak pertama, usia kehamilan 12 minggu. Sekarang ini saya memeriksakan kehamilan di dokter kandungan. Setiap pulang kontrol saya pasti diberi obat beberapa macam, termasuk penguat kandungan. Sekarang ini saya masih mual dan muntah terus, sehingga malas minum obat-obatan itu. Apa efeknya jika saya tidak minum dok? Bolehkah diganti dengan makanan atau susu hamil saja?
 
Shalwa (24), Tangerang Selatan


JAWAB:

Di usia kehamilan 12 minggu memang sedang dalam puncak keluhan. Jadi sangat wajar kalau ibu memang susah untuk makan obat. Sementara kebutuhan obat pada saat hamil muda yang paling penting adalah kebutuhan asam folat.

Upayakan untuk makan dan minum sedikit-sedikit saja tapi sering. Bila ibu masih bisa menerima keadaan mual muntahnya, menurut saya tidak perlu banyak makan obat. Yang penting keadaan ini tidak permanen sampai lahir, biasanya keluhan ini akan hilang di usia hamil 14-15 minggu.

Pada dasarnya tidak akan ada efek samping kalau ibu tidak minum berbagai obat itu. Yang paling penting adalah ibu tetap tenang dan sabar, upayakan tetap makan minum sedikit-sedikit dan cukup istirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com