Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama Punya Bayi, Banyak Ayah Tidak Percaya Diri

Kompas.com - 15/08/2016, 06:12 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com - Studi terkini di Inggris mengungkapkan bahwa kebanyakan pria yang baru menjadi ayah, memiliki pengalaman pertama menggendong bayi saat harus mengasuh anaknya sendiri.

Sebagian besar pria di Inggris mengaku bahwa hubungan orangtua anak sangat terasa saat kali pertama membuatkan susu untuk anak pada malam hari.

Studi yang digagas oleh Persil Non-Bio dan Comfort Pure ini menyebutkan bahwa 60 persen ayah merasakan cemas dan resah saat menggendong bayi.

Lalu, sebanyak 30 persen mengaku, tidak tahu cara menggendong bayi.

Sementara itu, lebih kurang 90 persen pria berharap ada panduan praktis menjadi orangtua baru dalam menjalani pengasuhan.

Konflik dan masalah ketidaktahuan yang dialami oleh ayah, menyebabkan krisis kepercayaan diri dalam diri pria saat mengurus anak.

Jadi, jangan heran bahwa ayah yang baru memiliki anak, butuh waktu lebih lama untuk merasa percaya diri dan nyaman berdua saja dengan sang bayi.

Rata-rata, para ayah butuh waktu seminggu untuk memupuk kepercayaan dirinya dalam mengasuh anak.

"Kualitas hubungan orangtua anak langsung berdampak pada perkembangan fisik mental bayi. Jadi, sangatlah penting orangtua membangun hubungan dan komunikasi sejak awal. Bayi yang mendapatkan banyak pelukan, cinta dan kasih sayang lebih mudah mengatasi stres dan kecemasan ketika mereka tumbuh dewasa," jelas Jean Robinson, British Skin Foundation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com