Hati-hati, Lampu Kantor Juga Pancarkan Sinar Ultraviolet

Kompas.com - 11/09/2016, 10:06 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Mungkin Anda sering berpikir bahwa ketika berada dalam ruangan, proteksi kulit seperti tabir surya tidak perlu digunakan.

Jika benar Anda pernah berpikir seperti ini, sebaiknya ubah pemikiran tersebut.

Sebab, perlu Anda ketahui, walaupun berada di dalam ruangan, ternyata kulit masih bisa terpapar oleh sinar ultraviolet.

Tidak percaya? Menurut dr Mardiati Ganjardani SpKK, lampu di ruangan kantor Anda juga dapat memancarkan sinar ultraviolet B yang dapat membakar dan menyebabkan kanker kulit.

“Menggunakan sunscreen sangat penting, karena nggak cuma dari matahari, tetapi juga ada ultraviolet dari lampu-lampu,” ucapnya dalam acara peluncuran produk Skin Defence Multi-Protection Essence SPF 50 PA++++ dari The Body Shop Indonesia, di Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Seperti yang dijelaskan oleh dr Mardiati, walaupun hanya melakukan kegiatan di dalam ruangan, Anda juga akan tetap terpapar sinar UVB. Sebab, UVB ini ternyata bisa menembus kaca-kaca yang ada di dalam ruangan atau kantor.

Selain itu, dr Mardiati juga menuturkan, ketika Anda berada di dalam mobil, radiasi dari ultraviolet juga tetap bisa menembus kaca mobil.

“Selama masih terang, ultraviolet pasti ada, walaupun mendung juga akan tetap ada,” ucapnya.

Maka dari itu, dr Mardiati sangat menyarankan Anda untuk menggunakan tabir surya walaupun hanya bekerja di dalam ruangan yang ber-AC.

Lalu, jangan lupa juga untuk mengaplikasikannya secara berulang, paling tidak setiap enam jam.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X