Kompas.com - 11/09/2016, 22:01 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com –- Topik seks masih merupakan pembahasan tabu untuk sebagian wanita. Seks membuat mereka  malu atau merasa terhina, meski tahu bahwa seks merupakan kebutuhan biologis utama seorang manusia.

Oleh karena itu, sejumlah pakar memberikan penjelasan pada sejumlah mitos seks usang yang masih dipercaya banyak wanita hingga sekarang:

Pria bertanggung jawab membawa sesi bercinta hingga klimaks
“Pada era Victoria di mana wanita dibatasi mendapatkan pendidikan sehingga mereka tidak mengetahui soal tubuh sendiri. Alhasil, pria merupakan satu-satunya pihak yang memberikan informasi mengenai seks pada wanita,” ujar April Masini, seorang pakar hubungan dan penulis Ask April.

Namun sekarang, akses wanita pada pengetahuan sangatlah luas dan transparan, sehingga Anda bisa mengetahui sendiri apa yang memuaskan tubuh Anda.

Masini mengatakan bahwa kunci hubungan seksual yang utama adalah komunikasi. Jadi, wanita harus tahu titik gairah pada tubuh dan menyampaikannya pada suami.

“Kepuasan seksual wanita tidak lagi menjadi tanggung jawab penuh pria,” imbuhnya.

Wanita tidak terlalu menikmati seks
Ada sejumlah mitos seks dan yang paling konyol mengatakan bahwa wanita tidak terlalu menikmati seks ketimbang pria.

Menurut Dr Dawn Michael ACS, seorang seksolog klinis bersertifikasi dan pakar hubungan, sekaligus penulis buku A Couples Guide to Better Sexual Intimacy, pernyataan yang benar adalah wanita menikmati seks dengan cara yang berbeda daripada pria.

“Wanita cenderung selektif mengenai seks. Hal itu merupakan dorongan alamiah dan kebutuhan biologis,” jelas Dr Michael.

Orgasme tidak penting untuk wanita
“Faktanya, ketika wanita orgasme, dia akan melepaskan oksitosin, hormon yang kuat, dan membuatnya semakin dekat dengan pasangan prianya,” urai Dr Michaael.

Dia mengingatkan bahwa pasangan suami istri di mana pihak istri jarang merasakan orgasme, bisa menyakiti emosional istri.

“Istri yang jarang atau tidak pernah merasakan orgasme selama periode panjang, bisa menyakiti istri di luar aktivitas seksual,” pungkasnya.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber She Knows
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.