Kompas.com - 12/09/2016, 14:00 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com — Perlindungan kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit kering dan terbakar membutuhkan produk proteksi kulit, yaitu tabir surya.

Krim tabir surya hadir di pasaran dengan berbagai macam pilihan sesuai kebutuhan masing-masing pengguna.

Dr Mardiati Ganjardani, SpKK mengatakan bahwa tabir surya harus mengandung Sun Protecting Factor(SPF) dan PA.

“Sebab, jika hanya kandungan SPF, itu hanya memberikan perlindungan terhadap ultraviolet,” jelas dr Mardiati.

Dia menambahkan bahwa kulit sangat membutuhkan perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Sementara SPF hanya melindungi dari UVB. 

Krim tabir surya dengan kandungan SPF yang tinggi memang bisa melindungi lebih lama, tetapi dengan syarat sesuai dengan uji laboratorium. Artinya, Anda harus menggunakan sesuai yang ditentukan laboratorium.

Kemudian, untuk melindungi kulit dari UVA, maka Anda juga harus memperhatikan produk yang memiliki label PA.

Label PA yang ada berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA. Kemudian, apabila ada lambang plus (+), tandanya semakin banyak plusnya maka semakin tinggi pula perlindungannya.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X