Kompas.com - 16/09/2016, 16:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Penasaran mengapa Anda sering menjalin hubungan dengan pria berjenggot? Kini, pertanyaan tersebut telah dijawab oleh para ilmuwan yang meneliti pengaruh jenggot pada hati wanita.

Studi tersebut dipublikasikan dalam Journal of Evolutionary Biology adalah hasil kolaborasi peneliti dari University of Queensland, Charles Sturt University dan University of New South Wales.

Para peneliti menunjukkan foto rekayasa wajah 16 pria kepada lebih dari 8.500 wanita.

Foto-foto tersebut dikategorikan menjadi tanpa jenggot, jenggot yang baru tumbuh selama 5 hari, jenggot yang sudah tumbuh selama 10 hari, dan jenggot yang penuh.

Ternyata, wanita lebih tertarik pada pria berjenggot untuk hubungan jangka panjang.

Sementara itu, untuk hubungan jangka pendek, wanita lebih memilih pria dengan jenggot yang baru tumbuh beberapa hari.

“Jenggot tipis dianggap paling menarik, lebih menarik daripada jenggot penuh dan wajah tanpa jenggot, tetapi pria dengan jenggot penuh dianggap lebih menarik daripada yang bercukur bersih,” tutur Dr Danielle Sulikowski.

Selain jenggot, para peneliti juga merekayasa tingkat maskulinitas 16 wajah pria dengan mengutak-atik bentuk alis, tulang pipi dan rahang mereka di komputer.

Hasilnya menunjukkan bahwa wanita tertarik dengan pria yang berada di tengah-tengah, tidak terlalu maskulin maupun feminin.

Dr Sulikowski kemudian menjelaskan alasan wanita tertarik dengan calon suami yang berjenggot.

Menurut dia, hal ini bisa jadi karena jenggot seringkali diasosiasikan dengan kualitas pria seperti kekuatan, stabilitas, dan kemampuan.

“Dalam penelitian lainnya, kita tahu bahwa pria menganggap pria yang berjenggot sebagai sosok yang dominan, lebih dewasa, berada di posisi yang lebih tinggi, jadi kita tahu bahwa jenggot adalah semacam simbol status,” tuturnya.

Tertarik mencari calon suami berjenggot? Mungkin Anda bisa bermimpi terlebih dahulu dengan foto-foto di bawah ini.

 

PUT 'EM UP ! #beard #lumberjack #barbe #barba #lumbersexual #barbudo #summer #bearded

A photo posted by LUMBERSEXUAL (@lumbersexual) on Aug 24, 2016 at 4:52am PDT

 

PLAID & PUP. #puppy #plaid #dog #lumberjack #beard #lumbersexual #barba #maine

A photo posted by LUMBERSEXUAL (@lumbersexual) on Jun 22, 2016 at 5:17am PDT

 

HE WOKE UP LIKE THIS. #beard #lumberjack #barba #lumbersexual #barbe #iwokeuplikethis

A photo posted by LUMBERSEXUAL (@lumbersexual) on Mar 27, 2016 at 6:06am PDT



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X