Kompas.com - 25/09/2016, 13:02 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Dalam kehidupan sehari-hari biasanya anak banyak menghabiskan waktu dengan ibu ketimbang ayahnya.

Namun, meski lebih dekat pada ibu, kondisi emosional ayah juga berpengaruh pada perkembangan anak.

Sebuah studi yang dilakukan Michigan State University dan dipublikasikan jurnal Early Childhood Research Quarterly and Infant and Child Developmen, menemukan bahwa hubungan yang kuat antara suasana hati, kesehatan, dan mental anak terpengaruhi oleh kondisi psikis ayah.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati 730 keluarga, terutama yang berpenghasilan rendah dengan tingkat stres tinggi.

Mereka disuguhkan dengan beberapa pertanyaan seputar pengasuhan dan kondisi lingkungan keluarga.

Peneliti yakin bahwa ketika seorang ayah stres dan menunjukkan gejala depresi, maka ini akan berpengaruh juga pada perkembangan balita jangka panjang.

Hasilnya, jika ayah mengalamli stres, lebih berpengaruh pada anak lelaki ketimbang anak perempuan.

Menurut penelitian, kondisi ini juga menggambarkan bahwa walaupun pengaruh dari pengasuhan ibu lebih besar, tetapi pengasuhan ayah pun penting.

Oleh karean itu, berdasarkan hasil studi, ayah dan ibu memiliki peran penting dalam pengasuhan. Sebab, keduanya menghasilkan efek yang sama pada masalah perilaku dalam balita.

Namun, tetap saja ayah yang depresi akan memengaruhi balita tersebut karena memiliki efek langsung terhadap anak, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Peneliti menyarankan, untuk ayah yang mengalami stres sebaiknya tidak memperlihatkannya di depan balitanya.

Kondisi ayah yang emosional dan pemarah karena stres berdampak negatif pada tumbuh kembang si kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.