Kompas.com - 04/10/2016, 14:00 WIB
Victoria Beckham, Topshop Unique dan Margaret Howell. METRO.CO.UKVictoria Beckham, Topshop Unique dan Margaret Howell.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Umumnya, musim pancaroba ditandai dengan datangnya sejumlah penyakit yang berkaitan dengan stamina tubuh, misalnya flu, pilek, dan diare.

Selain melindungi diri dengan vitamin dan gizi yang tepat, maka Anda juga harus cerdas memilih jenis busana agar tubuh secara maksimal terproteksi dari udara peralihan yang tidak menentu.

Berikut sejumlah jenis bahan untuk busana pancaroba terbaik untuk melindungi diri di musim pancaroba:

NET-A-PORTER.COM Bahan Gabardine yang hangat.

Gabardine
Bahan ini umumnya hadir pada jaket trench. Teksturnya mirip dengan anyaman jerami yang dihaluskan. Selain memiliki struktur yang kuat, material ini juga antiair sehingga bisa berguna di waktu hujan.

Rajut/knit
Kemampuan sebuah knit adalah menyerap panas untuk menghangatkan Anda dan memiliki pori-pori yang lebih lebar dibandingkan dengan material lainnya sehingga memberi jalan untuk udara masuk ke dalam agar tubuh terasa lebih sejuk. 

Anda disarankan untuk memilih busana bahan rajut dengan volume yang besar untuk lebih dinamis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cashmere
Untuk tidak terlihat terlalu bulky (tebal) dalam berbusana di cuaca yang dingin, material ini bisa menjadi solusi jitu.

Volume material yang lebih tipis, tetapi mampu menghangatkan karena terbuat dari wol halus. Umumnya, terdapat pada baju hangat yang mengepas pada badan.

Faux leather/ kulit sintetis
Bahan kulit umumnya cukup tebal dan sedikit susah beradaptasi dengan cuaca yang tidak menentu, tetapi material kulit sintetis yang lebih tipis  mampu menahan angin dingin serta anti air. Sangat cocok digunakan di saat pancaroba.

NET-A-PORTER.COM Bahan Mesh

Mesh/jaring
Bentuknya menyerupai jala dengan pori-pori yang cukup lebar. Material ini mampu untuk memberi ruang untuk udara masuk dan juga cukup untuk menutupi tubuh dari paparan sinar matahari yang membakar kulit.

Pilih busana dengan material mesh yang lebih rapat dengan pori-pori yang kecil untuk lebih maksimal.  

(Erlangga S Negoro yang akrab disapa dengan panggilan Aga, lahir pada tanggal 17 Agustus 1985 di kota Bandung. Anggapan orang mengenai kota kelahiran Aga sebagai salah satu kota mode di Indonesia membuat masa muda pria pecinta mode ini dipenuhi dengan ragam bidang tersebut. Namun, ketertarikan pria yang telah berkarier sebagai editor mode selama enam tahun ini pada dunia mode terjadi saat dia memasuki bangku kuliah. Mengambil jurusan Komunikasi di Universitas Airlangga, Aga menemukan minat mendalam  pada dunia jurnalistik mode. Menurut dia, menyalurkan kecintaannya pada bidang mode lewat jurnalistik dan visual lebih menyenangkan serta membuka banyak jendela baru yang lebih luas.)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.