Dapatkah Hubungan Jarak Jauh Berhasil?

Kompas.com - 07/10/2016, 20:05 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Menjaga hubungan tetap harmonis dan selalu romantis adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi untuk hubungan jarak jauh yang sangat rentan keberhasilannya.

Ternyata, hal ini juga menarik perhatian para ahli untuk melakukan sebuah penelitian, yang hasilnya mengungkapkan bahwa hubungan jarak jauh bisa berhasil seperti hubungan lainnya.

Pada tahun 2015, para peneliti di Queen’s University melakukan riset kepada 1.142 pasangan dengan usia sekitar 20 tahun.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa hubungan jarak jauh memiliki tingkat kemesraan, komunikasi, dan komitmen yang sama dengan pasangan yang tinggal di area berdekatan.

“Dari penemuan ini, dapat disimpulkan bahwa karena adanya jarak yang jauh antar pasangan, maka memicu pasangan untuk berkomunikasi sesering mungkin,” kata Vinita Mehta, PhD, seorang psikolog klinik di Washington.

“Kalau Anda tinggal berdekatan dengan pasangan, Anda jadi kurang menghargai waktu yang disediakan oleh pasangan. Namun, halangan jarak yang dimiliki oleh pasangan jarak jauh justru menambah keintiman dan rasa rindu pada pasangan,”tambah Mehta

Tips dari Mehta untuk hubungan jarak jauh adalah komunikasi yang baik.

Lalu, jelaskan juga kepada pasangan tentang ekspektasi hubungan Anda, apakah nantinya kalian bisa tinggal di kota yang sama atau tidak.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X