Kompas.com - 14/10/2016, 11:35 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Cuaca yang mudah berubah, baik itu cuaca hangat, dingin, atau bahkan panas, tanpa disadari bisa mengubah kondisi kulit menjadi kering atau pun lebih lembab.

Apa saja yang dapat merusak keremajaan kulit? Mari simak tips di bawah ini untuk menghindarinya.

Udara yang panas bisa menyebabkan penumpukan kotoran pada kulit

Udara yang kering dan panas juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

“Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dapat menyebabkan udara tidak masuk ke dalam pori-pori kulit dan menyebabkan kulit terlihat kusam juga tidak sehat”, kata Dr Schultz yang disebut sebagai dokter terbaik oleh New York Magazine.

Panas dan kering menyebabkan keriput lebih terlihat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kulit yang kering akan menyebabkan keriput terlihat lebih jelas”, kata Debra Jaliman, MD, penulis dari buku Skin Rules: Trade Secrets From a Top New York Dermatologist.

Polusi bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit

Dr Jaliman juga mengatakan, studi menemukan bahwa tingginya tingkat polusi bisa meningkatkan keriput dan bintik-bintik coklat yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Sinar matahari menyebabkan kulit rusak

Sudah bukan rahasia lagi bahwa paparan sinar matahari bisa merusak keremajaan kulit, menyebabkan keriput, dan bahkan kanker kulit.

“Sangat penting untuk selalu menggunakan losion atau krim tabir surya”, tambah Dr Schultz.

Namun, pastikan juga bahwa tabir surya Anda memiliki SPF 30 atau lebih. Lalu, gunakan secara merata untuk menghindari efek buruk dari paparan sinar matahari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.