4 Cara "Gadget" Melukai Tubuh

Kompas.com - 18/10/2016, 18:25 WIB
Thinkstock Ilustrasi selfie.
|
EditorBestari Kumala Dewi

Sumber Health

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah tahu bahwa ponsel bisa menyakiti leher, punggung dan bahu. Ini adalah sesuatu menjadi perhatian para peneliti dan dokter selama lima tahun lebih belakangan ini. Tapi, bagaimana dengan selfie? Atau mengetik naskah panjang di gadget?

Sama-sama berisiko negatif, kata Jocelyn Szeto, MD, dokter olahraga dari University of Texas Health Science Center di Houston dan Memorial Hermann Ironman Sports Medicine Institute di Texas Medical Center.

Beginilah penjelasan Szeto mengapa beberapa kegiatan menyenangkan menggunakan gadget, dianggap bisa membahayakan kesehatan.


Selfie

Bersikap narsis menuntut kita menemukan sudut terbaik wajah, bukan sudut terbaik untuk sendi. Tak jarang sudut sendi tertekuk tidak dalam posisi ergonomis selama 10 sampai 15 detik pada waktu selfie, kata Dr Szeto.

Tanpa disadari, ketika kita terlalu sering selfie, akan terbentuk luka kecil di otot tangan yang berhubungan dengan sendi siku dan menyebabkan peradangan.

Cara mengatasinya: Kurangi sikap narsis, berikan otot Anda waktu istirahat. Atau minta teman mengambil foto untuk Anda.


Bermain game

Papan ketik qwerty atau layar sentuh di tablet menuntut kita aktif menggerakkan dan meregangkan ibu jari saat bermain game. Ini bisa menyebabkan peradangan pada tendon di ibu jari Anda. Dr. Szeto mencatat, bahwa ini juga bisa berpengaruh negatif pada tendon jari telunjuk.

Cara mengatasinya: Istirahat setiap beberapa menit saat Anda sedang aktif dengan ponsel atau tablet untuk menghindari penggunaaan ibu jari secara berlebihan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X