Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2016, 10:34 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber bustle.com

 

KOMPAS.com – Pernahkan Anda merasa tiba-tiba uang habis, tetapi tidak tahu kemana aliran uang tersebut?

Ya, hal ini sering terjadi, apalagi untuk wanita-wanita yang baru bekerja atau masih berusia dewasa muda dan baru saja merasakan memiliki penghasilan sendiri.

Daripada menghabiskan uang dengan cara yang tidak jelas, sebaiknya simpan uang Anda untuk kebutuhan mendatang yang lebih penting.

“Penelitian menjelaskan bahwa seseorang menjadi lebih berhasil ketika menetapkan tujuan yang cukup menantang. Sebaiknya (Anda) menabung untuk tujuan jangka panjang,” kata Mint Holly Perez, seorang pakar konsumerisme dan uang.

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menyelamatkan uang Anda dari pengeluaran yang tidak jelas:

1. Cari tahu pengeluaran Anda setiap minggu

Seperti yang dikatakan Perez, sebaiknya Anda punya komitmen, fokus untuk berhemat setiap minggunya untuk tujuan tertentu, dan terus mencari tahu uang tersebut digunakan untuk apa saja.

2. Kontrol diri Anda dalam keuangan dan gunakan aplikasi

Berhenti untuk tergoda menghabiskan uang dan kurangi gaya hidup yang mahal. Jika Anda sulit untuk mengontrol, bisa dibantu dengan aplikasi yang ada pada ponsel Anda sehingga bisa dengan mudah mencatat pengeluaran tersebut.

3. Depositkan langsung gaji ke tabungan Anda

Hal ini penting dilakukan, dengan cara mengambil presentase dari gaji, sehingga Anda bisa langsung membaginya ke tabungan Anda. Sisanya dapat Anda bagi lagi untuk kebutuhan lainnya sehingga Anda juga bisa membuat estimasi pengeluaran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com