Salah Pilih Kaca Rias Sumber Rasa Tidak Percaya Diri

Kompas.com - 01/11/2016, 09:22 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Kebanyakan wanita senang sekali bereksperimen dengan riasan wajah, entah gaya formal ataupun dramatis.

Satu hal yang pasti hobi tersebut membutuhkan kaca yang tepat agar Anda bisa melihat wajah secara keseluruhan.

Namun, jika Anda memilih kaca dengan teknologi pembesar sebanyak 20 kali, maka Anda harus hati-hati. Sebab, jenis kaca tersebut bisa menjadi sumber rasa tidak percaya diri.

“Kaca rias dengan pembesaran 20 kali bisa ‘membunuh’ Anda. Sebab, Anda hanya akan lihat kekurangan pada kulit wajah. Hal ini tidak sehat karena bisa memotivasi Anda untuk melakukan perbaikan yang sebenarnya tidak dibutuhkan,” jelas Dendy Engelman, M.D, seorang associate dermatologic surgeon di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery di New York, AS.

Menurut Engelman, mengekspos kulit dengan kaca rias pembesar bisa membuat pikiran Anda hanya fokus pada kekurangan diri. Kebiasaan ini dapat menghancurkan rasa percaya diri wanita.

“Hanya dermatolog yang harus melihat kondisi kulit Anda sedekat itu karena mata kami telah terlatih dan kami tahu kondisi serta solusinya untuk Anda,” imbuhnya.

Namun, jika mata awam melihat guratan atau bercak hitam di kulit wajah, maka Anda bisa mendadak panik sehingga melakukan perawatan tanpa pengawasan pakar.

Selain itu, kaca pembesar akan memanipulasi bentuk jerawat sehingga terlihat seolah parah. Padahal, kondisi yang sesungguhnya tidak demikian.

“Lebih baik gunakan kaca rias dengan pembesaran hanya lima kali. Ukuran itu sudah cukup untuk mengoreksi riasan wajah atau memeriksa kondisi kulit Anda,” pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X