Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Lindungi Kulit dari Sinar UVA dan UVB

Kompas.com - 03/11/2016, 22:49 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Terkadang tanpa disadari kulit Anda sering kali terpapar sinar matahari tanpa perlindungan. Seperti halnya Anda bekerja di luar kantor tanpa melindungi kulit wajah dan tubuh sehingga terpapar sinar juga polusi.

Namun, seperti yang diungkapkan oleh seorang spesialis kulit dan kelamin, Dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV, menjelaskan bahwa sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berasal dari matahari.

"Mungkin dikenal dengan tabir surya atau sunblock yang pada intinya adalah harus digunakan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet," ujarnya dalam acara The Nivea Experience di Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Menurut dia, sebenarnya kulit ini harus dilindungi dari dua sinar ultraviolet yaitu UVA dan UVB. Sebelumnya, UVB tersebut dianggap menakutkan, akan tetapi sebenarnya kedua sinar tersebut juga memiliki efek pada kulit.

Dari paparan paparan UVB ini dapat menyebabkan kulit terbakar, belang, melepuh, kering, mengelupas, gelap, dan pigmentasi kulit jangka panjang. UVB juga dalam jangkan panjang bisa menyebabkan kanker.

Sementara, UVA sendiri, dapat menyebabkan berbagai hal pada kulit, seperti merusak kulit lebih dalam ketimbang UVB, menyebabkan penuaan dini, mempercepat timbulnya kerutan dan bintik hitam.

Lalu, melakukan kerusakan jangka panjang pada kulit, bahkan lebih parahnya dapat menyebabkan kanker kulit, bintik-bintik usia, alergi kulit kronis, dan kerusakan DNA. (Baca: Matahari Membuat Pigmentasi Kulit Tidak Merata)

Maka dari itu, perlindungan terhadap kulit sangat penting dilakukan sejak dini. Usahakan selalu menggunakan tabir surya setiap hari saat beraktivitas dan gunakan tabir surya dengan produk yang dapat melindungi Anda dari kedua paparan sinar UVA dan UVB.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com