Kompas.com - 08/11/2016, 07:00 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Banyak orang memutuskan kerja karena konflik dan dendam yang menumpuk bertahun-tahun. Alhasil, proses mengundurkan diri yang seharusnya berjalan baik-baik menjadi tragedi.

Idealnya, Anda memulai pekerjaan dan masuk kantor dengan baik, maka keluar perusahaan pun dilakukan dengan cara serupa.

Berikut lima kiat mengundurkan diri secara profesional dan membuat semua pihak kondusif sekaligus bahagia:

Pertimbangkan dengan matang
“Pastikan Anda mempelajari banyak hal dari pengalaman bekerja. Mantapkan hati dan pikiran bahwa Anda telah memilih keputusan yang benar,” jelas Susan Tynan, CEO dan  Founder dari Framebridge.

Siapkan alasan yang kuat
Memberikan alasan mengundurkan diri yang masuk akal membantu atasan memahami kondisi Anda. Selain itu, kelebihan dan kekurangan yang Anda utarakan pada atasan bisa membantunya menjalankan perannya di masa depan.

“Jika Anda mengundurkan diri karena Anda merasa tak bisa berkembang di perusahaan tempat Anda bekerja, maka itu bisa menjadi kritikan membangun untuk atasan mengenai kondisi dalam tim kerja,” jelas Shannon Plush, seorang koordinator humas di Pittsburg Public Schools.

Jangan memendam dendam
Anda bisa jadi merasa tidak bahagia dan tertekan dengan kondisi kerja di kantor, maka lebih baik untuk memamparkan situasi itu dengan cara yang bijak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Todd Dean, seorang rekan pendiri dari Wirkn, aplikasi bursa kerja, mengatakan bahwa mengkondisikan kekurangan ada pada Anda bukan pada perusahaan menjadikan proses pengunduran diri lebih lancar.

“Anda tidak akan tahu kapan dan di mana peluang terbaik untuk Anda. Siapa tahu Anda bisa bertemu atasan atau rekan kerja di perusahaan lain. Ingat, jangan menyimpan amarah,” jelas Dean.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.