Apel Mana yang Paling Cocok untuk Dipanggang?

Kompas.com - 13/11/2016, 14:05 WIB
Chef Steby Rafael di Modena Experience Center

KOMPAS.com -- Ketika melihat film-film kartun Disney, salah satu makanan yang paling diingat di samping ayam turkey adalah pai apel.

Bayangkan saja, potongan apel segar yang dibungkus dengan lapisan kue dan dipanggang, tentu makanan ini akan membuat semua orang, dari rakyat jelata hingga putri kerajaan, tergiur.

Salah satu variasi dari pai apel ini adalah apple strudel yang diajarkan dalam acara Christmas Cooking Class with Modena Chef, Steby Rafael, yang diadakan di Modena Experience Center, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Kelas ini merupakan bagian dari kelas memasak Culinaria Modena. Dilaksanakan dengan tema yang berbeda-beda, satu pertemuan berlangsung selama tiga jam mulai pukul 10.00 hingga 13.00 dan mengangkat tiga hidangan.

Dalam kesempatan kali ini, Chef Steby, mengajak Kompas.com untuk membuat apple strudel, sebuah hidangan penutup yang bisa Anda temui di acara-acara natal keluarga Eropa.

Sebenarnya hidangan ini memiliki bahan dan cara pembuatan yang cukup mirip dengan pai apel maupun apple turnover, tetapi pembungkusnya adalah kertas filo yang sangat tipis.

Ketika ditanya mengenai trik membuat hidangan apel yang lezat, Chef Steby berkata bahwa komponen yang menentukan adalah apelnya.

“Apelnya harus sesuai dengan selera sih ya karena yang menentukan kesuksesan hidangan ini kan yang makan,” ucapnya.

Akan tetapi, Chef Steby menyarankan untuk menggunakan apel anna sebagai pilihan yang aman. Sebab, apel anna memiliki kadar kemanisan yang cukup dan tidak mudah hancur saat dipanaskan.

“Kalau Anda suka asam, bisa menggunakan granny smith atau apel malang yang hijau. Kalau mau yang agak sedikit manis, pakai apel anna malang yang ada merah dan hijaunya,” ucapnya.

Sementara itu, menurut Chef Steby, apel washington sebaiknya dipakai sebagai campuran saja karena bertekstur lembek dan mudah menjadi bubur.

Hands-on Class Area di Culinaria Modena, Modena Experience Center



EditorShierine Wangsa Wibawa

Close Ads X