Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Juga Punya Peranan Penting pada Pertumbuhan Anak

Kompas.com - 28/11/2016, 17:03 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com -- Memang tidak dapat dimungkiri bahwa perkembangan seorang anak sangat membutuhkan kerja sama dari orangtua.

Tidak hanya sentuhan dan kasih sayang seorang ibu, tetapi peran ayah pun sangat penting untuk perkembangan anak.

"Bapak tentu saja punya peranan penting. Boleh sentuhan kepada anak, menggendong, dan memberikan perawatan yang sama seperti dari ibunya," ujar Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), dalam acara kampanye Nivea #PSILOVEMAMA di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Vera menjelaskan, selain dengan kontak fisik dari ibu, ayah pun tidak dapat lepas tangan sehingga sentuhan dari ayah pun tetap harus ada. Sebab, mau bagaimana pun sentuhan dari seorang ibu dan dari ayah sangat berbeda.

"Dengan adanya kontak fisik dari seorang ayah kepada anaknya tentu membuat anak tersebut merasa dunianya lebih komplet," ucapnya.

Ketika anak mendapatkan kontak dari ayahnya, saat itulah mereka sadar bahwa sang ayah pun sayang dengan mereka.

Jika ayah tidak terbiasa bersentuhan fisik dan mengungkapkan rasa sayang dengan kata-kata, Vera menyarankan untuk mengajak anak beraktivitas bersama, seperti halnya bermain bole, sepeda, ataupun hal-hal menyenangkan lainnya yang tidak dilakukan bersama ibu.

"Efeknya ke anak begini, bukan benar-benar sentuhannya berbeda, tetapi lebih ke maknanya untuk anak. Sentuhan fisik tuh ada ungkapan konkret yang dirasakan anak," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com