Kompas.com - 28/11/2016, 17:03 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com -- Memang tidak dapat dimungkiri bahwa perkembangan seorang anak sangat membutuhkan kerja sama dari orangtua.

Tidak hanya sentuhan dan kasih sayang seorang ibu, tetapi peran ayah pun sangat penting untuk perkembangan anak.

"Bapak tentu saja punya peranan penting. Boleh sentuhan kepada anak, menggendong, dan memberikan perawatan yang sama seperti dari ibunya," ujar Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), dalam acara kampanye Nivea #PSILOVEMAMA di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Vera menjelaskan, selain dengan kontak fisik dari ibu, ayah pun tidak dapat lepas tangan sehingga sentuhan dari ayah pun tetap harus ada. Sebab, mau bagaimana pun sentuhan dari seorang ibu dan dari ayah sangat berbeda.

"Dengan adanya kontak fisik dari seorang ayah kepada anaknya tentu membuat anak tersebut merasa dunianya lebih komplet," ucapnya.

Ketika anak mendapatkan kontak dari ayahnya, saat itulah mereka sadar bahwa sang ayah pun sayang dengan mereka.

Jika ayah tidak terbiasa bersentuhan fisik dan mengungkapkan rasa sayang dengan kata-kata, Vera menyarankan untuk mengajak anak beraktivitas bersama, seperti halnya bermain bole, sepeda, ataupun hal-hal menyenangkan lainnya yang tidak dilakukan bersama ibu.

"Efeknya ke anak begini, bukan benar-benar sentuhannya berbeda, tetapi lebih ke maknanya untuk anak. Sentuhan fisik tuh ada ungkapan konkret yang dirasakan anak," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.