Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2016, 11:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Menjalani hidup memang sebuah tantangan yang wajib dilalui oleh semua orang. Semakin bertambahnya usia, tantangan ini juga menjadi semakin besar. Namun, kunci agar sukses melaluinya adalah dengan selalu berpikir positif dan bersyukur.

Bagaimanakah cara agar hal ini tersampaikan secara efektif pada sang buah hati, mungkin telah menjadi pertanyaan bagi semua orangtua.

Sharon Silver, seorang pakar dan pengajar orangtua, serta penulis buku Stop Reacting and Start Responding: 108 Ways to Discipline Consciously and Become the Parent You Want to Become memberikan jawabannya.

1. Menjadi contoh

Cara termudah bagi anak untuk belajar adalah dengan melihat dan meniru tindakan yang dilakukan oleh orang-orang di sekelilingnya. Oleh karena itu, biarkan anak melihat Anda mengucapkan “terima kasih” ketika menerima bantuan dari orang lain.

2. Menunjukkan hal-hal kecil yang tidak disadarinya

Jadikan kebiasaan Anda untuk menunjukkan kepadanya hal-hal kecil yang patut disyukuri. Sebagai contoh, pujilah betapa pintarnya anak makan atau pun bagaimana dia berhenti dan mendengarkan perkataan Anda.

Hal ini tidak hanya membangun kepercayaan diri anak, tetapi juga menunjukkan kepadanya bahwa selalu ada sesuatu yang dapat disyukuri dalam hidup.

3. Terus berlatih

Ingat, pembelajaran adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu. Anda perlu melakukannya berulang-ulang agar hal tersebut tersampaikan secara efektif kepada anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com