Kompas.com - 29/11/2016, 11:04 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Menjalani hidup memang sebuah tantangan yang wajib dilalui oleh semua orang. Semakin bertambahnya usia, tantangan ini juga menjadi semakin besar. Namun, kunci agar sukses melaluinya adalah dengan selalu berpikir positif dan bersyukur.

Bagaimanakah cara agar hal ini tersampaikan secara efektif pada sang buah hati, mungkin telah menjadi pertanyaan bagi semua orangtua.

Sharon Silver, seorang pakar dan pengajar orangtua, serta penulis buku Stop Reacting and Start Responding: 108 Ways to Discipline Consciously and Become the Parent You Want to Become memberikan jawabannya.

1. Menjadi contoh

Cara termudah bagi anak untuk belajar adalah dengan melihat dan meniru tindakan yang dilakukan oleh orang-orang di sekelilingnya. Oleh karena itu, biarkan anak melihat Anda mengucapkan “terima kasih” ketika menerima bantuan dari orang lain.

2. Menunjukkan hal-hal kecil yang tidak disadarinya

Jadikan kebiasaan Anda untuk menunjukkan kepadanya hal-hal kecil yang patut disyukuri. Sebagai contoh, pujilah betapa pintarnya anak makan atau pun bagaimana dia berhenti dan mendengarkan perkataan Anda.

Hal ini tidak hanya membangun kepercayaan diri anak, tetapi juga menunjukkan kepadanya bahwa selalu ada sesuatu yang dapat disyukuri dalam hidup.

3. Terus berlatih

Ingat, pembelajaran adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu. Anda perlu melakukannya berulang-ulang agar hal tersebut tersampaikan secara efektif kepada anak.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X