Kompas.com - 06/12/2016, 19:04 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Memulai hari Anda dengan aktivitas yang tepat memang penting. Akan tetapi, hal yang tidak kalah pentingnya tetapi sering dilupakan adalah bagaimana cara yang tepat untuk menutup hari yang melelahkan.

Sebab, apa yang Anda lakukan semalam sebelumnya berpengaruh besar pada hari ini.

Berikut ini adalah lima cara orang sukses menutup hari mereka:

1. Ketahui kapan harus berhenti

Tidak sedikit orang yang bingung kapan harus berhenti. Pekerjaan yang sibuk memaksa mereka untuk terus lembur hingga larut malam sampai membawa pulang tugas-tugas yang belum terselesaikan.

Walaupun demikian, psikolog Michael Woodward merekomendasikan untuk memberitahukan atasan dan rekan kerja Anda secara eksplisit kapan jam kerja dimulai dan berakhir. Lalu, pastikan bahwa Anda juga menuruti jadwal ini dan menggunakan sisa waktu untuk keluarga dan teman.

Dengan demikian, Anda akan siap untuk kembali bekerja keesokan harinya.

2. Buatlah memo

Jika Anda merasa tidak terbiasa berhenti bekerja dan tidak bisa tidur karenanya, gunakan waktu Anda di malam hari untuk menulis memo berisi hal-hal yang harus dikerjakan keesokan harinya.

Menuliskan tugas Anda pada secarik kertas tidak hanya berfungsi sebagai pengingat, tetapi juga untuk menenangkan diri Anda mengenai hal-hal yang mungkin terlupakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.