Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2016, 19:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Memulai hari Anda dengan aktivitas yang tepat memang penting. Akan tetapi, hal yang tidak kalah pentingnya tetapi sering dilupakan adalah bagaimana cara yang tepat untuk menutup hari yang melelahkan.

Sebab, apa yang Anda lakukan semalam sebelumnya berpengaruh besar pada hari ini.

Berikut ini adalah lima cara orang sukses menutup hari mereka:

1. Ketahui kapan harus berhenti

Tidak sedikit orang yang bingung kapan harus berhenti. Pekerjaan yang sibuk memaksa mereka untuk terus lembur hingga larut malam sampai membawa pulang tugas-tugas yang belum terselesaikan.

Walaupun demikian, psikolog Michael Woodward merekomendasikan untuk memberitahukan atasan dan rekan kerja Anda secara eksplisit kapan jam kerja dimulai dan berakhir. Lalu, pastikan bahwa Anda juga menuruti jadwal ini dan menggunakan sisa waktu untuk keluarga dan teman.

Dengan demikian, Anda akan siap untuk kembali bekerja keesokan harinya.

2. Buatlah memo

Jika Anda merasa tidak terbiasa berhenti bekerja dan tidak bisa tidur karenanya, gunakan waktu Anda di malam hari untuk menulis memo berisi hal-hal yang harus dikerjakan keesokan harinya.

Menuliskan tugas Anda pada secarik kertas tidak hanya berfungsi sebagai pengingat, tetapi juga untuk menenangkan diri Anda mengenai hal-hal yang mungkin terlupakan.

3. Tidur

Sepele, tetapi penting. Arianna Huffington, pendiri dan pemerintah redaksi Huffington Post memegang teguh pentingnya tidur, sesibuk apapun diri Anda. Dia bahkan melarang adanya gadget dan elektronik di kamar agar terputus dari kesibukan.

4. Manjakan diri

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada memanjakan diri sebelum tidur dengan spa atau pijat. Anda bisa membuat rutinitas sendiri atau meniru Gwyneth Paltrow yang sering mandi air hangat dengan minyak aromaterapi di malam hari.

5. Menulis diari

Inilah rutinitas yang kini sudah mulai ditinggalkan. Whitney Tingle dan Danielle Duboise, pendiri Sakara Life, merekomendasikan Anda untuk mulai menulis diari untuk membuang hal-hal yang buruk dari pikiran Anda sebelum tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com