Kompas.com - 09/12/2016, 19:34 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Mungkin Anda pernah memiliki kekasih yang memiliki sifat posesif. Sifat pasangan yang seperti ini pun membuat Anda semakin tidak bebas untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. 

Menurut psikolog Igaa Jackie Viemilewati, M.A., M.Psi., Psikolog, pesan yang diberikan oleh pasangan yang posesif dan kasar ini, tidak jelas antara sayang atau bentuk dominasi. 

“Bentuk kekerasan itu tidak hanya kekerasan fisik, tetapi bentuk dominasi atau pengekangan itu termasuk kekerasan psikologis,” ujarnya kepada Kompas.com saat ditemui usai Seminar Publik: Akuntabilitas Pelibatan Laki-laki dalam Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Kekerasan psikologis, Jackie menjelaskan, di antaranya seperti mengekang, mengontrol, dan mendominasi pasangan. 

Saat Anda merasakan hal seperti ini, Jackie menyarankan untuk menceritakan apa yang dilakukan pasangan kepada orang yang dapat dipercaya.

Sikap ini merupakan langkah awal untuk keluar dari permasalah tersebut.

Kemudian, ketika pasangan melakukan pengekangan berulang kali walaupun telah Anda peringatkan, Jackie menyarankan untuk segara mengakhiri hubungan dan memahami bentuk-bentuk dominasi antara yang sehat dengan yang tidak sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.