10 Makanan Sumber Terbaik Vitamin K

Kompas.com - 11/12/2016, 17:45 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Vitamin K adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini dikenal sebagai vitamin pembeku darah. Tanpa adanya vitamin K, ketika Anda terluka dan berdarah maka darah Anda bisa terus-menerus keluar karen terlalu encer.

Beberapa penelitian ilmiah mengatakan bahwa vitamin K, bersama dengan kalsium dan vitamin D, berfungsi untuk menjaga tulang tetap kuat, terutama pada orang lanjut usia.

Menurut dr. Josh Axe, ahli nutrisi dan pengobatan natural bersertifikat, ada dua jenis vitamin K di dalam makanan kita sehari-hari, yaitu vitamin K1 dan K2.

Vitamin K1 ditemukan dalam sayuran dan vitamin K2 yang juga disebut menaquinone ditemukan dalam produk susu dan diproduksi oleh bakteri dalam usus Anda.

"Ada juga versi sintetis vitamin K3 yang saya tidak rekomendasikan. Sebaiknya, konsumsi dari sumber alami saja," kata dr. Axe.

Inilah 10 makanan yang paling banyak mengandung vitamin K, menurut dr. Axe:

1) Sayuran berdaun hijau (misalnya kale dan sawi)
½ cangkir: 444 mcg

2) Natto (fermentasi kedelai)
1/4 cangkir: 500 mcg

3) Daun bawang (Scallions)
½ cangkir: 103 mcg

4) Kembang kol
½ cangkir: 78 mcg

5) Kubis
½ cangkir: 82 mcg (lebih dari 100% DV)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X