Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2016, 11:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber dr oz

KOMPAS.com – Rata-rata wanita memang sangat giat sekali untuk merawat tubuh mereka dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mereka tidak peduli seberapa uang yang akan dihabiskan asal bisa terlihat maksimal.

Namun, kadang mereka lupa atau malas untuk membersihkan alat-alat perawatan mereka seperti kuas make up dan juga sisir. Padahal, kebersihan alat sama pentingnya dengan menjaga kebersihan diri.

Sebab, sisir yang digunakan setiap hari akan memerangkap rambut-rambut yang rontok dan juga ada kotoran-kotoran lainnya.

“Semua alat-alat kecantikan Anda, termasuk sisir, akan kotor karena penggunaanya yang berulang, apalagi jika Anda menggunakan produk styling,” ujar dermatolog, Dr Sejal Shah, MD.

Dia menekankan, yang menyumbat sisir Anda tidak hanya rambut, tetapi juga debu, sel-sel kulit mati, dan minyak yang telah menumpuk.

“Penumpukkan yang ada pada sisir dapat menjadi sarang bagi bakteri dan ragi yang berlebih, sehingga beresiko infeksi,” imbuhnya.

Untuk itu, sangat penting untuk membersihkan sisir Anda setidaknya seminggu sekali untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Lagi pula jika sisir bersih akan lebih nyaman untuk digunakan.

Sebelum membersihkan sisir, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis sisir yang Anda gunakan, dan lihat beberapa petunjuk berikut ini.

Apabila sisir Anda jenisnya plastik atau keramik, bersihkan dengan air ditambahkan dengan sampo. Kemudian bilas dengan bersih dan biarkan sisir mengering.

Sementara itu, jika sisir terbuat dari kayu, berbeda dengan plastik, jangan rendam gagang sisir ke dalam air. Sebab, air dapat membuat kayu lapuk dan hancur. Anda hanya perlu membersihkan bagian sikatnya saja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dr oz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com