Kompas.com - 24/12/2016, 20:02 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com – Perceraian merupakan jalan keluar terburuk dari sebuah konflik dan pertentangan antara suami istri. Namun, suka tidak suka, perceraian memang harus diputuskan demi kebaikan bersama.

Berdasarkan riset yang dipublikasikan oleh Institute of Family Studies, pasangan suami istri yang menikah saat usia 28 tahun dan sebelum 32 tahun lebih langgeng dan harmonis dalam membangun rumahtangga.

Penulis studi menguraikan bahwa usia di bawah 28 tahun dianggap terlalu muda untuk pria dan wanita memasuki fase baru kehidupan, yaitu pernikahan.

Pernikahan pada usia muda, menurut studi, berpotensi tinggi untuk karam dan bercerai. Kondisi serupa juga terjadi pada pasangan suami istri yang menikah saat berusia di atas 32 tahun.

Selanjutnya, studi yang digagas oleh University of Washington Sociologist mengungkapkan bahwa pengajuan perceraian paling banyak terjadi pada bulan Maret dan Agustus.

Informasi tersebut berdasarkan studi yang dimulai dari tahun 2001 hingga 2015 silam.

Alasan utama perceraian dilakukan pada bulan Agustus adalah pasangan suami istri ingin mengadakan liburan keluarga untuk kali terakhir demi kebahagiaan anak-anak.

Selain itu, alasan mayoritas lainnya adalah suami istri ingin mempersiapkan mental anak pada perubahan besar, yakni perceraian, sebelum masuk semester awal sekolah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.