Deteksi Masalah Kesehatan dari Kondisi Bibir

Kompas.com - 08/01/2017, 12:38 WIB

KOMPAS.com - Bibir kita berfungsi bukan hanya untuk menghisap, mengeluarkan bunyi atau menambah keintiman dengan pasangan (berciuman), tapi juga mengandung informasi mengenai derajat kesehatan kita.

Berikut ini adalah informasi yang bisa Anda baca melalui bibir mengenai apa yang sedang terjadi di dalam tubuh kita.

1. Bibir Anda bengkak

Pembengkakan dapat menjadi tanda dari alergi, kata Keith Arbeitman, DDS, dari Arbeitman & Shein Dentistry di Manhattan. Pada awalnya, bibir Anda akan terlihat lebih besar dari biasanya dan mulai merasa gatal.

"Tapi jika bibir Anda mulai menjadi seperti bebek, mungkin artinya Anda harus ke ruang gawat darurat," kata Arbeitman.

Dalam kebanyakan kasus, ketika Anda mengonsumsi makanan yang memicu alergi, pembengkakan bibir mungkin disertai dengan mata berair dan kulit gatal-gatal.

2. Bibir pecah-pecah

Sekeras apapun kita mencoba untuk melaksanakan pola makan yang sehat, tetap akan sangat mudah bagi kita kehilangan beberapa nutrisi penting. Kadang-kadang, kekurangan itu muncul di bibir Anda, kata Diane Madfes, MD, dermatolog bersertifikat dan anggota American Academy of Dermatology.

Jika bibir tiba-tiba kering atau ada luka retakan di sudut-sudut mulut, berarti Anda kekurangan zat besi, seng, vitamin B3, atau vitamin B6.

Solusinya sederhana, tambahkan sedikit daging merah ke dalam menu makan Anda. Daging merah adalah salah satu sumber terkaya dari zat besi dan seng. Anda juga dapat menemukan zat besi, seng, dan vitamin B di dalam makanan seperti salmon, telur, dan sayuran hijau

3. Air liur berlebihan

Air liur berlebihan bisa keluar saat ada perlukaan lain bagi di sudut-sudut mulut Anda, yang secara resmi disebut "cheilitis angular."

Air liur berlebihan di sudut mulut dapat menyebabkan infeksi jamur, kata Arbeitman kata. Jamur yang tumbuh bisa membuat kulit halus di sudut bibir atas dan bawah Anda retak, menimbulkan luka yang dalam.

Halaman:


EditorBestari Kumala Dewi


Close Ads X