Kompas.com - 17/01/2017, 20:02 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Menurut sebuah studi wanita yang rajin melakukan pekerjaan rumahtangga tiga tahun hidup lebih lama ketimbang wanita yang jarang membersihkan dan mengurus rumahtangga.  

Studi yang digagas oleh University Medical Centre Rotterdam mengambil sampel data dari 7.000 responden.

Ribuan responden tersebut wajib mendokumentasikan aktivitas harian mereka selama lebih dari lima tahun.

Berdasarkan dokumentasi data dan studi tersebut peneliti menyimpulkan bahwa wanita berusia 55 tahun yang tidak pernah mengerjakan tugas rumahtangga hidup sampai dengan usia 83 tahun.

Namun, wanita usia 55 tahun yang rajin melakukan tugas rumahtangga hidup sampai dengan usia 86 tahun.

Hasil penelitian ini tidak memberikan hasil serupa pada pria.

Pekerjaan rumahtangga tidak memengaruhi panjang dan pendeknya usia pria.

Hasil penelitian ini tidak perlu dikhawatirkan oleh pria. Sebab, peneliti menemukan, pria yang hobi berkebun dan bercocok tanam hidup 2,7 tahun lebih lama dibandingkan pria yang tidak menyukai kegiatan serupa.

Tidak ada penjelasan valid yang bisa diuraikan peneliti mengapa adanya perbedaan kegiataan dan perbedaan efek dalam hasil penelitian.

“Bisa jadi rasa bahagia pria saat berkebun lebih tinggi ketimbang mereka cuci piring. Wanita pun juga sama, mereka merasa lebih bahagia ketika mengurus tugas rumahtangga daripada menyiram tanaman dan sejenisnya,” ujar Dr Klodian Dhana, Ketua Penelitian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Yahoo News
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.