3 Manfaat Mendongeng yang Tidak Terduga

Kompas.com - 17/01/2017, 20:07 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Orangtua saat ini sering lupa bahwa masih ada banyak cara pengasuhan yang dapat dilakukan untuk mendukung pertumbuhan anak selain melalui materi dan gadget.

Gadget bisa saja memberikan banyak informasi dan pengetahuan untuk anak-anak.

Namun, seorang psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi atau yang akrab dipanggil Kak Seto, menekankan bahwa sesuatu yang dilakukan dengan tidak seimbang juga memiliki dampak yang kurang baik.  

Kemudian, Kak Seto juga ingin mengingatkan orangtua untuk berdongeng. Mungkin hal ini terdengar kuno, tetapi dia menyebut metode ini sebagai pengasuhan yang efektif.

“Berdongeng untuk anak sangat penting karena dapat merangsang kecerdasan dan kreativitas mereka,” jelas Kak Seto saat ditemui usai diskusi parenting dalam acara mencari amang di Sekolah Dolanan Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Dia melanjutkan, mendongeng dapat bermanfaat untuk kecerdasan dan kemampuan komunikasi anak-anak. Sebab, mendongeng melibatkan anak-anak untuk melakukan kegiatan tanya jawab.

Selain itu, mendongeng juga memicu kecerdasan anak dalam berpikir untuk mendapatkan sebuah jawaban yang nantinya akan bermanfaat untuk proses pembelajaran formal.

“Anak jadi dapat melatih kreativitas, melatih dialog, dan kekuatan komunikasi yang sangat ampuh untuk menyamakan persepsi,” ucapnya.

Ketika orangtua membiasakan untuk mendongeng pada anak, hal ini juga membantu anak bergabung dalam rapat keluarga karena sudah terlatih untuk berdiskusi dan melakukan dialog.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X