Kompas.com - 18/01/2017, 21:35 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Umumnya, wanita senang berkumpul bersama sejumlah teman untuk sekadar berbincang-bincang mengenai kehidupan dan hal-hal lain yang menarik perhatian.

Namun, Anda harus ingat bahwa ada beberapa topik yang pantang untuk diceritakan kepada teman Anda.

Selain soal finansial, pembicaraan soal hubungan seksual dengan suami termasuk sensitif untuk Anda utarakan kepada teman dan anggota keluarga Anda.

Sebab, hubungan seks merupakan aktivitas pribadi yang seharusnya hanya didiskusikan oleh suami Anda sendiri.

“Jangan melazimkan membicarakan soal hubungan seks kepada orang lain,” ujar Irina Firstein, seorang pakar hubungan keluarga dari New York, AS.

Menurut Firstein, teman Anda mungkin saja memberikan respons baik untuk menenangkan diri Anda, tetapi itu sama sekali bukan solusi terhadap konflik dan masalah seks yang Anda hadapi dengan suami.

“Informasi soal hubungan seks dengan suami tidak untuk Anda bicarakan karena bisa semakin memperburuk hubungan antara Anda dan suami,” imbuhnya.

Masalah di balik pintu kamar tidur, kata Firstein, hanya untuk Anda dan suami.

“Hubungan seks adalah hal yang sangat pribadi. Tidak semua orang jujur dalam memberikan respons terhadap masalah seks Anda. Bisa jadi teman-teman Anda hanya ingin menenangkan dan menghentikan pembicaraan topik itu,” urainya.

Dia menyarankan, jika Anda dan suami memang memiliki masalah seks, bicarakanlah berdua saja.

“Anda bisa bertemu psikolog atau konsultan seks yang memang memegang sumpah etika kerja untuk menyimpan semua masalah klien untuk diri sendiri,” pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X