Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2017, 14:41 WIB

TANYA:

Halo dok, saya ingin berkonsultasi tentang nyeri pada gigi. Gigi saya yang bagian geraham belakang kanan beberapa minggu terakhir ini sering sakit, rasanya nyut-nyutan. Tapi terkadang nyerinya hilang dan baik-baik saja. Saya perhatikan tidak tampak ada lubang. Apakah perlu saya ke dokter untuk periksa karena sakitnya hilang timbul.
Widuri (26), Medan


JAWAB:

Hai Widuri di Medan,
Jika pada gigi geraham Anda terasa sakit berdenyut spontan (tanpa ada rangsangan), ini menunjukkan adanya infeksi pada gigi. Nyeri hilang timbul menandakan bahwa infeksi ini bersifat kronis. Jika dari bagian atas mahkota tidak tampak lubang, maka ada kemungkinan lubang berada di samping mahkota diantara kontak dengan gigi sebelahnya.

Untuk mengetahui lubang gigi yang tersembunyi diperlukan pemeriksaan radiografis gigi. Perawatan yang perlu dilakukan jika infeksi gigi sudah mencapai ke ruang pulpa gigi (ruang yang berisi pembuluh darah dan saraf gigi) adalah perawatan saluran akar gigi.

Tujuan perawatan ini adalah mempertahankan gigi yang tersisa dengan menciptakan kondisi yang bebas dari infeksi apapun di seluruh bagian gigi dan jaringan sekitar gigi, serta mengembalikan fungsi kunyah, fonetik dan estetik melalui pembuatan tambalan gigi sesuai dengan keadaan gigi yang tersisa.

Sebelum infeksi gigi bertambah parah, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan klinis ke dokter gigi untuk menegakkan diagnosa dan dilakukan perawatan yang tepat. Demikian Widuri, semoga informasinya bermanfaat.

Salam gigi sehat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com