Jumlah Tamu yang Datang Bisa Prediksi Nasib Pernikahan di Masa Depan

Kompas.com - 22/01/2017, 15:24 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Komunikasi, seks, dan kondisi finansial merupakan beberapa faktor yang bisa menguatkan pernikahan sehingga lebih harmonis sekaligus langgeng.

Namun, menurut sebuah survei unik yang dilakukan oleh Emory University, ada hal lain yang bisa memengaruhi kondisi pernikahan pasangan suami istri.

Survei yang dilakukan terhadap 3.000 partisipan ini menemukan bahwa anggaran pernikahan dan jumlah tamu yang datang pada pesta pernikahan bisa memberikan gambaran kehidupan pernikahan.

Hasil survei menunjukkan, semakin banyak uang yang digelontorkan untuk satu hari pesta pernikahan, maka pasangan suami istri tersebut berisiko tinggi mengalami perceraian.

Selain itu, survei juga mengungkapkan bahwa semakin banyak undangan yang hadir merayakan hari bahagia Anda, maka potensi bercerai pun semakin kecil.

Ternyata, jumlah tamu yang datang merupakan refleksi bahwa pernikahan Anda direstui banya orang. Lalu, tamu yang banyak juga menandakan kekuatan jalinan silaturahmi yang baik antara pengantin dan lingkungan sekitar.

Survei menegaskan bahwa jumlah tamu tidak berarti pesta pernikahan harus mewah dan menguras uang banyak.

Sebab, pernikahan yang sederhana juga bisa menghadirkan jumlah tamu karena kehadiran seseorang pada sebuah acara tergantung pada kekuatan hubungan dan komunikan, bukan tergantung dari kemewahan sebuah pesta pernikahan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X