Kompas.com - 31/01/2017, 11:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Applied Social Psychology mengungkapkan bahwa penggemar seri buku Harry Potter memiliki pikiran yang terbuka dan tidak diskriminatif.

Studi ini menghelat eksperimen pada sejumlah anak sekolah dasar, anak sekolah menengah umum, dan mahasiswa penggemar berat buku Harry Potter sekaligus semua tokoh di dalam karya tulis JK Rowling tersebut.

Ternyata, anak-anak yang terbiasa membaca buku Harry Potter tumbuh dengan pikiran terbuka terhadap perbedaan.

Hasil studi menunjukkan responden anak-anak yang sering membaca buku Harry Potter lebih bisa menerima perbedaan agama, ras, imigran, dan komunitas pasangan sesama jenis.

Sejumlah karakter dan ragam karakter yang terdapat dalam buku Harry Potter secara tidak langsung mengajarkan para pembacanya untuk menerima keragaman di lingkungan sekitar.

Selain itu, jalan cerita menunjukkan niat tulus dan tujuan yang baik selalu menang di akhir cerita, meski harus melalui sejumlah rintangan dan halangan.

Peneliti mengungkapkan bahwa kebanyakan penggemar Harry Potter merupakan orang-orang yang sangat fanatik pada idolanya tersebut.

Alhasil, mereka pun mudah terinspirasi pada sejumlah nilai moral yang dituangkan oleh Rowling untuk pembaca tercintanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.