Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2017, 22:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com- Hormon testosteron sangat penting bagi pria. Hormon ini membentuk sisi maskulin pria, seperti suara yang lebih berat, pertumbuhan janggut, hingga otot.

Hormon ini juga berperan dalam prosuksi sperma, tingkat libido, kekuatan otot, hingga kepadatan tulang.

Meski demikian, tak tertutup kemungkinan seorang pria kekurangan hormon testosteron. Bisa terjadi akibat sering stres, kecelakaan, obesitas, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Seperti dikutip dari Boldsky.com, sedikitnya ada 5 tanda pria kekurangan hormon testosteron.

1. Tidak ereksi pagi hari
Umumnya pria akan sering ereksi pada pagi hari setelah bangun tidur. Apabila kadar hormon testosteron rendah, ereksi pada pagi hari pun tak terjadi.

Kekurangan hormon testosteron juga membuat pria rentan mengalami disfungsi ereksi.

2. Susah tidur
Kekurangan testosteron bisa membuat pria sulit tidur dan bangun dengan rasa lelah. Apabila muncul gejala ini pada usia di atas 35 tahun, kemungkinan tingkat testosteron rendah.

3. Mudah marah
Pria yang memiliki kadar testosteron rendah juga mudah marah, merasa frustrasi, rentan depresi, kelelahan, dan seperti orang yang kurang motivasi.

4. Rambut rontok
Dalam beberapa kasus, pria yang kekurangan testosteron mengalami masalah pertumbuhan rambut di tubuh seperti kumis dan janggut, termasuk mengalami rambut rontok.

5. Perut buncit
Perut buncit bisa jadi tanda pria kekurangan hormon testosteron. Rendahnya kadar testosteron membuat massa otot berkurang.

Akibatnya, massa otot malah tergantikan dengan penumpukkan lemak yang membuat perut buncit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com