Kompas.com - 02/02/2017, 06:45 WIB
Ilustrasi Ilustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Apakah Anda tipe orang yang bisa tertawa ketika mendengar candaan mengenai kematian, kecelakaan, dan penyakit? Jika ya, maka besar kemungkinannya bahwa Anda adalah seseorang yang jenius.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cognitive Processing, seseorang dengan selera humor yang gelap memiliki nilai IQ (Intelligence Quotinent) yang lebih tinggi dari rata-rata.

Untuk mempelajari hal ini, para peneliti dari Medical University of Vienna meminta 156 partisipan untuk menilai candaan gelap yang terdapat dalam buku The Black Book oleh Uli Stein, apakah mereka mengerti dan menganggapnya lucu atau malah tersinggung?

Para peneliti kemudian menguji kemampuan verbal dan nonverbal, mood, dan agresifitas partisipan.

Ternyata, orang-orang dengan selera humor yang gelap tidak hanya mendapat nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan verbal dan nonverbal, tetapi juga lebih mungkin untuk mengenyam tingkat edukasi yang lebih tinggi dan memiliki emosi yang lebih stabil.

Lalu, apa hubungannya selera humor dengan kepintaran?

Menurut para peneliti, humor yang gelap biasanya lebih kompleks dan membutuhkan kemampuan kognitif lebih tinggi untuk dicerna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, hanya orang-orang dengan kontrol emosi yang baik yang dapat mengerti bahwa hal tersebut hanyalah candaan belaka sehingga tidak perlu dianggap serius.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X