Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Selera Humor yang Gelap? Bisa Jadi Anda Jenius

Kompas.com - 02/02/2017, 06:45 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Apakah Anda tipe orang yang bisa tertawa ketika mendengar candaan mengenai kematian, kecelakaan, dan penyakit? Jika ya, maka besar kemungkinannya bahwa Anda adalah seseorang yang jenius.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cognitive Processing, seseorang dengan selera humor yang gelap memiliki nilai IQ (Intelligence Quotinent) yang lebih tinggi dari rata-rata.

Untuk mempelajari hal ini, para peneliti dari Medical University of Vienna meminta 156 partisipan untuk menilai candaan gelap yang terdapat dalam buku The Black Book oleh Uli Stein, apakah mereka mengerti dan menganggapnya lucu atau malah tersinggung?

Para peneliti kemudian menguji kemampuan verbal dan nonverbal, mood, dan agresifitas partisipan.

Ternyata, orang-orang dengan selera humor yang gelap tidak hanya mendapat nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan verbal dan nonverbal, tetapi juga lebih mungkin untuk mengenyam tingkat edukasi yang lebih tinggi dan memiliki emosi yang lebih stabil.

Lalu, apa hubungannya selera humor dengan kepintaran?

Menurut para peneliti, humor yang gelap biasanya lebih kompleks dan membutuhkan kemampuan kognitif lebih tinggi untuk dicerna.

Kemudian, hanya orang-orang dengan kontrol emosi yang baik yang dapat mengerti bahwa hal tersebut hanyalah candaan belaka sehingga tidak perlu dianggap serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com