Pertama Kali, Jenahara Ubah Kain Ulos Jadi Busana Muslim

Kompas.com - 02/02/2017, 14:03 WIB
Koleksi busana Jenahara Black Label dalam Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 di Jakarta, Rabu (1/2/2017). Anggita MuslimahKoleksi busana Jenahara Black Label dalam Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 di Jakarta, Rabu (1/2/2017).
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com – Perancang busana muslim, Jenahara, memang sudah berpengalaman dalam mengolah kain Indonesia seperti kain batik dan tenun ikat menjadi busana muslim.

Namun, baru kali ini dalam, Jenahara menggunakan kain ulos menjadi bahan utamanya.

“Koleksi kali temanya Hinauli, diambil dari bahasa batak yang artinya keindahan,” ujar Jenahara dalam konferensi pers usai peragaan busana Bekraf bertajuk Tenoen Etnik dalam Indonesia Fashion Week 2017 di Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Dia melanjutkan, tetap pada konsep yang sama dalam Jenahara Black Label, koleksi busana kali ini pun simpel, minimalis, dan edgy.

Hal ini pun terlihat dari palet yang didominasi dengan warna hitam, merah maroon dan motif garis.

Sementara itu, kain ulos yang diaplikasikan pada busana tersebut menunjukkan kekuatan, ketegasan, dan keberanian dari seorang wanita.

Anggita Muslimah Koleksi busana Jenahara Black Label dalam Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 di Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Dalam koleksi tersebut, Jenahara juga menambahkan detail berupa pleats (lipit), penggunakan eyeled, potongan asimetris, dan juga menggunakan teknik menumpuk (draping) pada beberapa koleksi busana.

Bagi Jenahara, tantangan terbesar dalam mengolah kain ulos sendiri adalah nilai seni tinggi yang terkandung di dalamnya sehingga kain tersebut tidak dapat diolah sembarangan dan pemotongannya juga harus hati-hati.

Kemudian, koleksi kali ini ternyata juga memiliki arti yang mendalam bagi Jenahara. Perancang busana yang juga memiliki darah batak ini mengambil kain ulos dari kampung halamannya sendiri.

“Ini pertama kalinya saya mengangkat kain khas batak, jadi sudah pasti beda treatment dengan mengolah kain polos,” ujarnya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X