Pasutri Bertubuh Gemuk Lebih Sulit Hamil

Kompas.com - 06/02/2017, 11:39 WIB
Rencanakan kehamilan sehat sejak awal. ShutterstockRencanakan kehamilan sehat sejak awal.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jika Anda sedang menjalani program kehamilan, mengetahui kapan masa subur dan menjaga pola makan sehat saja belum cukup demi terjadinya kehamilan. Yang tidak kalah penting adalah menjaga berat badan.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa calon ibu yang kegemukan atau terlalu kurus lebih sulit kegemukan. Namun, menurut studi terbaru jika pasangan suami istri sama-sama kegemukan, maka mereka butuh waktu lebih lama untuk bisa hamil.

Kebanyakan studi hanya difokuskan pada pihak perempuan, padahal faktor pria juga berpengaruh sama besarnya pada keberhasilan kehamilan.

Kelebihan berat badan dapat menimbulkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi dan diabetes selama hamil. Kelebihan berat badan pada pria juga menghambat kerja hormon reproduksi yang berpengaruh pada jumlah sperma dan meningkatkan presentasi sperma yang abnormal.

Sama seperti kelebihan berat badan, berat badan yang kurang alias terlalu kurus juga mengurangi kesuburan.

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan mengatur asupan makanan dan meningkatkan aktivitas fisik.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X