Asal Tahu Kuncinya, LDR Tak Perlu Bikin Takut

Kompas.com - 08/02/2017, 08:56 WIB
Hubungan jarak jauh kerap jadi tantangan bagi pasangan. Hubungan jarak jauh kerap jadi tantangan bagi pasangan.
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com –
Hubungan percintaan jarak jauh alias long distance relationship ( LDR), ‎punya banyak tantangan bagi para pelakunya, baik suami istri maupun pasangan kekasih. ‎Apa saja tantangan dan kunci untuk memastikan hubungan tetap terjaga?

"Tantangan paling sulit dari LDR bukan berasal dari jarak itu sendiri," kata profesor psikologi di Queen’s University, Kanada, Emma Dargie, seperti dikutip situs web Business Insider pada Kamis (14/1/2016).

‎Dargie pun menyodorkan data hasil surveinya pada 2014, terkait LDR ini.‎ Dalam survei tersebut, 474 perempuan dan 243 laki-laki yang menjalani hubungan jarak jauh diberi pertanyaan terkait keintiman, komitmen, komunikasi, dan kepuasan seksual.

Pertanyaan sama juga dilontarkan kepada 314 perempuan dan 111 pria yang tinggal bersama atau berdekatan dengan pasangan. Hasilnya, pasangan LDR justru memiliki tingkat kepuasan, keintiman, dan komunikasi cukup tinggi dibanding mereka yang tinggal bersama atau berdekatan.

Business Insider menyebutkan pula data ada 3 juta pasangan menikah di Amerika Serikat menjalani LDR. Data tersebut bersumber dari tulisan KM Bergen, E Kirby, dan MC McBride berjudul "How Do You Get Two Houses Cleaned?" dalam Journal of Family pada 2013, merujuk data pada 2007.

Artikel itu menyitir pula, diperkirakan antara seperempat hingga setengah pasangan mahasiswa di Amerika pun pacaran jarak jauh. Sumber rujukannya adalah riset L Stafford berjudul "Maintaining Long Distance and Cross-residential Relationships" yang dipublikasikan pada 2005.

Namun, ldrmagazine.com edisi 27 Juni 2016 menulis, rata-rata LDR hanya bertahan selama 14 bulan.‎ Menurut Dargie yang juga menjalani hubungan jarak jauh, kegagalan hubungan kerap terjadi akibat ketimpangan antara harapan dan kenyataan.

Kuncinya

Meski belum ada data riset soal LDR di Indonesia, pola hubungan jarak jauh sering terjadi atau bahkan tak terhindarkan pula di sini. Ada sejumlah cara untuk memastikan kelanggengan pasangan.

"Tetapkan kebutuhan masing-masing sejak awal dan cobalah untuk saling memenuhinya. Kemudian beri feedback jika ada kebutuhan yang belum terpenuhi," kata Dargie.

THINKSTOCKPHOTOS Waktu untuk bertemu termasuk penting direncanakan bagi pasangan yang menjalin LDR.

Kebutuhan itu mencakup seberapa sering komunikasi dan pertemuan terjadi. Menurut Dargie, menetapkan tanggal pasti untuk jadwal pertemuan berikutnya juga penting dilakukan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X