Mengenal Retinol, Pengusir Jerawat dan Keriput

Kompas.com - 09/02/2017, 08:35 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda pasti pernah mendengar zat bernama retinol yang berguna untuk mengurangi tampilan keriput dan membuat kulit Anda nampak lebih sehat dan bercahaya.

Tetapi, apakah Anda tahu, bahan yang sama juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat dan mengecilkan pori-pori?

Joshua Zeichner, MD, dermatolog dan direktur riset kosmetik di Mount Sinai Medical Center di New York City, memaparkan serba-serbi retinol dan manfaatnya untuk kulit yang sehat.

Mengecilkan pori-pori

Meskipun Anda tidak bisa secara teknis mengecilkan pori-pori, retinol dapat membuat mereka terlihat lebih kecil.

Sel-sel kulit mati cenderung menumpuk di sekitar pori-pori dan membuat mereka terlihat lebih besar daripada yang sebenarnya.

Retinol membantu untuk mengelupaskan kulit mati itu, sehingga pori-pori Anda bisa bernapas lega, terlihat sesuai ukuran sebenarnya dan mencegah kotoran dan makeup terjebak di dalamnya.

Dapat menyebabkan iritasi

Ketika zat retinol diterapkan pada kulit maka reseptor retinoid dalam sel-sel kulit akan aktif dan meningkatkan pergantian sel. Hasilnya, kulit jadi kering dan terkelupas.

Itu sebabnya kulit Anda mengalami periode penyesuaian selama dua sampai empat minggu ketika mengaplikasikan krim retinoid.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X