Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneh tapi Nyata, Pujian Saat Anak Salah Jadikan Mereka Lebih Patuh

Kompas.com - 19/02/2017, 20:34 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com –  Berbagai teori dan mitos soal pola asuh anak pastinya sudah banyak Anda dengar atau baca.

Pertanyaannya, apakah mayoritas dari teori itu memberikan hasil yang Anda inginkan?

Sebaiknya gaya pola asuh terhadap anak berangkat dari insting orangtua. Sebab, hanya ibu dan ayah yang mengenal karakter dan kepribadian masing-masing anak.

Seorang psikolog anak dan konsultan keluarga, Natasha Daniels, mengungkapkan satu teori pola asuh anak yang berangkat dari pengalaman pribadinya sebagai ibu.

Daniels yang juga menulis buku berjudul How to Parent Your Anxious Children mengatakan, memuji keteledoran anak justru membuat mereka jadi lebih patuh.

“Mungkin teori ini terasa aneh tetapi efektif diaplikasikan pada anak-anakku. Ingat, setiap anak itu berbeda. Bisa jadi teoriku tidak berjalan sukses pada anak Anda,” jelas Daniels.

Dia menuturkan bahwa ketika anak-anaknya susah untuk segera mandi, merapikan meja makan, meletakkan baju kotor di tempatnya, dan masih banyak lagi, maka dia akan memberikan pujian pada mereka.

“Aku mengatakan, terima kasih sudah mandi, terima kasih sudah merapikan meja makan, padahal mereka tidak melakukannya. Anak-anaku pun memberikan ekspresi aneh,” urainya.

Lucunya, lanjut Daniels, keesokkan hari anak-anaknya tersebut menjadi mandi lebih cepat, merapikan meja makan, dan bahkan ikut membantu mencuci piring.

“Teori ini tidak selalu berhasil pada mereka (anak-anak Daniels). Namun, sering kali mereka merasa tidak enak dan menuruti aturan di rumah,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com