Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Kulit Wanita yang Terpapar Matahari Lebih dari 10 Menit

Kompas.com - 21/02/2017, 06:11 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Terbiasa hidup di negara tropis membuat banyak wanita lupa untuk merawat kecantikan kulit menggunakan krim tabir surya.

Perlindungan kulit dari tabir surya sangat krusial untuk kecantikan karena bisa membuat Anda awet muda dan terhindar dari bintik-bintik hitam.

Sebenarnya, bagaimana aturan menggunakan krim tabir surya atau lazim dikenal dengan sunscreen ini?

Seorang dermatolog, dr. Eddy Karta SpKK, menganjurkan agar Anda yang sering berada di luar ruangan selama sepuluh menit terpapar matahari, maka bisa gunakan SPF 30.

“Namun, kalau lebih dari sepuluh menit di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, sebaiknya gunakan tabir surya yang mengandung SPF 50,” ujar dr. Eddy saat diwawancarai usai acara Pond’s Age Miracle Non-Stop Beauty di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dr Eddy menekankan bahwa di dalam ruangan pun harus tetap menggunakan tabir surya.

“Di dalam ruangan yang hampir mirip dengan matahari itu radiasi dari cahaya. Bisa datang dari cahaya lampu atau saat Anda duduk dekat jendela,” pungkasnya.

Oleh karena itu, saat Anda berkegiatan di dalam atau di luar ruangan, maka tetap harus menggunakan tabir surya.

Beraktivitas di dalam ruangan, dr. Eddy menyarankan, Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF delapan atau 15. Namun, untuk di daerah Jakarta sendiri, maka lebih aman untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30.

Terakhir dia menyarankan agar mengulangi pemakaian krim tabir surya setiap empat jam sekali. Tujuannya untuk memaksimalkan perlindungan sebagai pencegahan dari dampak buruk sinar matahari.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com