6 Tanda Seseorang Memiliki Gangguan Obsesif Kompulsif

Kompas.com - 22/02/2017, 10:03 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menyentuh pegangan kamar mandi sendiri, Anda jijik. Apalagi harus menyentuh pegangan pintu toilet umum.

Anda pun merasa kesulitan berdiri di kereta. Pasalnya, tiang pegangan di dalam kereta juga membuat Anda super jijik. Semua benda-benda itu, menurut Anda, adalah sarang kuman.

"Saya punya anak kecil dan banyak pekerjaan. Saya tidak boleh sakit karena kuman-kuman itu." Demikianlah selalu yang ada di otak Anda. Itu sebabnya, cairan desinfektan adalah benda paling wajib yang harus Anda bawa kemana pun.

Semua pikiran-pikiran dan gambaran negatif berputar terus di kepala Anda dan menjadi obsesi. Itulah ciri khas obsessive compulsif disorder ( OCD), jelas Jeff Szymanski, PhD, direktur eksekutif International OCD Foundation.

OCD sering berakar pada ketakutan irasional terhadap kontaminasi, paling sering adalah kontaminasi kuman. Agar kekhawatiran Anda hilang, Anda merasa wajib mencuci tangan, misalnya 50 kali sehari.

Walhasil, rutinitas Anda mencuci tangan membuat Anda terlambat kerja dan mengganggu aktivitas lainnya.

Perilaku kompulsif ini menunjukkan adanya gangguan mental, kata Szymanski. Inilah ciri-ciri atau gejala OCD yang paling umum:

Anda harus membersihkan rumah

Alasannya bukan karena ibu mertua akan datang, anak-anak bermain tanah lalu masuk ke dalam rumah tanpa mencuci kaki, atau karena memang harus agar rumah selalu nyaman.

Jika Anda memiliki OCD, Anda mungkin merasa seperti tidak punya pilihan selain membersihkan rumah, karena jika tidak, seseorang dalam rumah tangga Anda akan terkontaminasi bakteri salmonella dan itu akan menjadi kesalahan Anda.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X